Kamis, 13 Januari 2011

Melompat-Lompat

bagi saya sendiri sebenarnya tidak mudah untuk memikirkan banyak hal dalam waktu bersamaan. tidak mudah untuk melompat dari satu aktivitas ke aktivitas lainnya dalam waktu yang berdekatan. tapi begitulah kehidupanku selama ini, memikirkan banyak hal dalam satu waktu dan berpindah dari satu aktvtas ke aktvtas berikutnya, berburu dengan waktu, membagi perhatian untuk banyak hal. yang aku rasakan adalah, aku lelah, tapi dalam kelelahan itu semuanya tetap aku jalani, karena aku pikir inilah yang namanya konsekuensi dari sebuah keputusan. mau tidak mau harus diterima, karena hidup berjalan maju bukan mundur..

untuk saat ini, tidak mungkin aku meninggalkan aktivitasku.
tidak mudah, karena disaat aku ingin maksimal aku terbentur dengan waktu yang terbatas dan fisik yang sudah lelah, sedangkan tugasku lebih banyak dari waktu dan kekuatan yang aku punya (aku gampang capek dan lelah).
akhirnya tugasku hanya selesai.................
selesai sudah...............

masuk ke materi. aku ingin membahas tentang otak. tahukah kawan? otak manusia adalah suatu organ yang beratnya sekitar 1,5 kg atau sekitar 2% dari berat tubuh dan dioperasikan dengan bahan bakar glukosa dan oksigen. semua manusia sejak lahir telah memiliki seratus milyar sel otak aktif dan didukung sembilan ratus milyar sel pendukung lainnya. jadi totalnya ada 1 triliun sel otak... subhanallah, kebayang gak seh, ada 1 triliun sel otak...!!!!! wow.. udah kaya benang kusut aja kalinya yak.... gak kebanyang deh.. subhanallah... maha suci Allah (semoga aku termasuk dalam golongan orang2 yang ahli syukur).

teman otak kita yang subnallah itu, dalam satu waktu dalam berpindah-pindah dari satu kondisi ke kondisi lainnya tanpa kita sadari. atau istilahnya adalah gelombang otak..
ada empat kategori utama aktivts gelombang otak, yaitu, beta, alfa, theta dan delta. kamu dah pernah denger kan???
aku juga dah pernah denger, tapi gak ngeh banget. pas aku baca buku lagi, dan nemu materi tentang ini, aku jadi agak ngerti lagi:). kondisi theta adalah kondisi pada saat gelombang otak melamban contohnya pada saat kita ngantuk dan hampir tertidur. sedangkan kondisi delta adalah kondisi dimana gelombang otak berada pada kondisi yang paling lamban. contohnya pada saat kita tertidur nyenyak.. lalu bagaimana dengan kondisi beta dan alfa???

kondisi beta adalah kondisi pada saat sadar, waspada dan aktif. klw kita lihat grafiknya.... gelombangnya tuh rapat banget!!!!!!. pada kondisi ini otak secara bersamaan melayani banyak stimulasi berbeda. aktvtsnya saling bertabrakan. pesan yang diterima sangat banyak dan otak dalam waktu bersamaan harus mengurusi semuaaa itu.
sedangkan kondisi alfa adalah kondisi yang sangat ideal jika dipergunakan untuk belajar. pada saat kondisi ini kita dalam keadaan santai...... rileks...... tenang. asyik banget belajar pada saat kondisi ini karena kita hanya terfokus pada satu aktivitas.

kembali ke gambaran diri, aku lebih sering belajar dalam keadaan gelombang beta. huwwff... inilah mungkin yang membuat aku gagal dalam tugas2 belajarku. tapi, aku baru mendapat informasi baru ternyata gelombang otak kebanyakan dari kita memang berpindah-pindah dari satu kondisi ke kondisi lainnya diantara yang empat tadi.. karena kondisi paling ideal untuk belajar adalah kondisi alfa, maka kita harus punya trik bagaimana supaya dengan mudah kita bisa mengalihkan kembali kondisi otak kita ke dalam kondisi alfa. buku itu memberikan solusi, solusinya terbaca sangat sederhana dan mudah untuk dicoba, insya Allah aku akan mencobanya...

inilah langkah2nya, kamu coba juga yah:
  • duduk tegak di kursi (aku mengartikan: duduk tegak tidak mesti dikursi. hahahha.. klw yang gak punya kursi gimana dong?, makanya duduklah dalam kondisi siap untuk belajar dan rilleks)
  • tarik nafas dalam
  • pejamkan mata dan bayangkan tempat yang damai (tempat yang kamu suka atau tempat spesial buat kamu, bayangkanlah kamu berada disana, biarkan pikiranmu berjalan, lalu santai dan rilekslah)
  • kemudian, buka mata dan mulailah membaca
oke sahabat, selamat membaca yah..
selamat belajar
BELAJAR ADALAH PROSES BELAJAR SEUMUR HIDUP
seperti kata hadits:" uthlubul 'ilma minal mahdi ilallahdi..... tuntutlah ilmu dari buaian sampai ke liang lahat".

semangat ya sayang.. :))
*judul mungkin memang tidak nyambung dengan isi. judul tidak melulu mencerminkan isi.. itu karena aku bingung menentukan judul. supaya menarik dan mengundang rasa penasaran aku pilihlah judul itu. kebetulan kata itulah yang pertama muncul dibenakku ketika aku baru akan mulai menulis, tapi setalah aku baca ulang ternyata isinya gak nyambung dengan judulnya tapi tak apalah.
*terinspirasi dari keadaan diri
*referensi: Buku Quantum Reader _ Bobbi DePorter, penerbit Kaifa
Semoga bermanfaat yah..
Wassalam
Tanty Shalihah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar