the next generation

Loading...

Senin, 31 Januari 2011

Berawal dari DVD eksternal sampai ungkapan cinta buat anak2

jadi inget DVD eksternal lagi :(( kamu pasti penasaran banget, kenapa aku pengen banget barang itu. kamu pasti penasaran , iya kan?? weleh2.. gak usah sepenasaran itu kali, biasa aja;))
yang tahu aku, pasti penasaran, dan bertanya buat apa seh??? padahal aku bukan orang yang suka nonton. kamu pasti semakin penasaran!! buat apa??
hehehe...

setelah aku punya barang itu, kamu pasti tahu buat apa dan kenapa aku pengen banget barang itu.
sumprit deh, pengen banget, banget banget!!!!!!!
gak perlu barang itu seh, yang penting fungsinya sama.. sama2 biasa buat muter VCD/ DVD.. hihkhihihiiikkkkk... xixixixixix...
kamu pasti semakin penasaran, BUAT APA SEH???
yah,,, buat nonton lah...
nonton apa??
ya ada deh..
pokoknya, insya Allah barang itu bakal bermanfaat banget!!
kamu punya barang itu gak??
klw kamu punya 2, sini buat aku satu.. hehehehehe

ada banyak kaset yang pengen aku liat, ada banyak kaset yang pengen aku beli, tapi klw mesin pemutarnya gak ada, bagaimana aku bisa muter kaset itu.. xixixixixix...

yang pasti ini untuk anak, bukan untuk aku
ini untuk anak2 kita, biar mereka senang, semakin senang dan menyenangkan;))
jauh dari rasa bosan dan semakinnnn menyenangkan..

karena sekolah seharusnya menyenangkan, karena belajar seharusnya ringan, karena pendidikan seharusnya memberdayakan. karena membaca seharusnya adalah candu, karena mendengar adalah suatu keharusan. karena Allah menjadikan kita manusia bukan tanpa tujuan...

cah elahhhh...
caiyo kawan!!!!
belajar lah terus, karena belajar adalah pekerjaan sepanjang hayat!!!
karena belajar tidak melulu didalam kelas dan duduk pasif sambil mendengarkan guru
karena pendidikan adalah untuk semua
karena pendidikan adalah WAJIB!!
itu adalah tugas mulia yang kita emban
karena.....
menuntut ilmu WAJIB bagi setiap muslim dan muslimat
karena....
ilmu adalah cahaya sedangkan kebodohan adalah kegelapan
karena...
menuntutlah ilmu dari buaian sampai keliang lahat
karena...
kita adalah manusia, maka hiduplah sebagai manusia, manut sama aturan Allah, jangan ikuti nafsu dan arus kehidupan yang merugikan!!!

belajar
belajar dan belajarlah...
karena hidup adalah belajar;))

ucapan terimakasih, saya haturkan buat guru2 saya di TK (walaupun gak lulus), SD, SMP, dan SMA. juga dosen2 tercinta (caaahhhhh), juga buat anak2 aku tercinta dari mulai farel, anak A3 biru, ada bagas, imel, fitri, vandi, kays, khadijah, abi, nabila, dan dila. bu tanty masih inget tuh sama kalian semua... love u cinta...
juga anak2 bunga matahari.... semuaaaaaaaa;))

wassalam
*refleksi jelang magrib

Sabtu, 29 Januari 2011

Hadits Memilih Pasangan

Nabi Muhammad Saw. dalam sebuah haditsnya mengatakan,
"Perempuan dinikahi karena empat faktor. Karena hartanya, nasabnya, kecantikannya dan karena agamanya. Maka menangkanlah wanita yang baik agamanya, maka engkau akan beruntung."
(Diriwayatkan oleh Bukhari, Muslim, al-Nasa’i, Abu Dawud Ibn Majah Ahmad ibn Hanbal, dan al-Darimi dalam kitabnya dari sahabat Abu Hurairah ra.)

**mungkin, berlaku juga dalam mencari pasangan (suami)

Boomerang Kata-Kata


Isa alamsyah dalam komunitas Bisa!


Setelah melihat hasil karya mahasiswa yang tidak memuaskan, seorang dosen yang terkenal killer dengan muka garang berkata pada mahasiswanya di ruang kelas.
"Siapapun yang merasa idiot di ruang kelas ini berdiri!" ucapnya.
Suasana kelas mencekam, semua mahasiswa diam duduk tertunduk.
Sang dosen mondar mandir melihat wajah mahasiswanya satu-persatu.
Setelah sekian lama suasana hening, satu mahasiswa nekat menunjuk tangan dan bertanya.
"Pak, apakah bapak merasa idiot?" tanyanya
"Tentu saja tidak, saya ini dosen dan titel saya doktor!" jawab sang dosen.
"Lalu, kenapa hanya bapak sendiri yang berdiri di ruang kelas ini?"
Grrr...

Humor dan hikmah
Kita sering mendengar pepatah "senjata makan tuan" atau seringkali bumerang menjadi perumpamaan contohnya. Kita lempar senjata tersebut, jika tidak terampil maka kita justru menjadi korbannya.

Sadarkah, seringkali kita jadi korban kata-kata atau perilaku sendiri?
Kadang orang tua bisa termakan omongannya sendiri.
"Gimana sih kamu, kerjanya main aja. Isi waktu dengan yang bermanfaat, jangan buang waktu" kata seorang ibu pada anaknya.
"Tapi ibu juga sering ngabisin waktu untuk gosip dan nonton sinetron" jawab anaknya.
Nah lho.

"Kalian harus tepat waktu masuk ke kantor." kata seorang bos yang sering terlambat.
Walaupun tidak ada yang protes, tapi wibawa sang bos sudah merosot.

"Kamu jangan pacaran, konsentrasi belajar aja!"
"Dulu Bapak Ibu pacaran nggak?"
"Iya, tapi kan kita sekarang sadar itu tidak baik"
"Kalu gitu aku juga nanti insyaf kok, kalau seumuran Bapak/Ibu!"
Hmm, ini yang error siapa ya?

"Belum bisa cari duit, jangan merokok!" kata Bapak.
"Kalo sudah bisa cari duit sendiri boleh ngerokok dong, ya!" jawab anak

"Dasar anak kurang ajar!" Kata orang tua
"Berarti yang tidak bisa mengajar siapa?" jawab anak


Banyak contoh lainnya.
Kadang ada respon langsung yang kita terima, tapi dalam banyak kasus, apalagi kalau posisi kita superior, bawahan tidak berani mengkritik.

Jadi yang paling tepat adalah, kita evaluasi diri atas perkataan dan perilaku kita agar tidak menjadi bumerang di masa kini atau di masa depan.

Sebelum Hari Ini

Aku yakin, ia juga menjadikan ini sebagai pelajaran karena kami sama2 baru dalam menjalani ikhtiar ini. Bagiku ini kali pertama, sepertinya begitupun juga dengannya…

Kamis, 8 Juli 2010 14:59 di kos bu dila

Jauh sebelum hari ini dan proses ini, aku berharap aku akan “berhasil” dalam prosesku yg pertama. Tp sepertinya wajar jika keinginan itu tidak berhasil di kali pertama. Toh bukan aku saja yang pernah merasakan gagal dalam ikhtiar yang pertama, bahkan ada yang berkali2 baru berhasil. Jika proses pertama ini gagal, aku harus sabar dan menerima dengan ikhlas dan ridho, yakinlah bahwa hanya Alloh yang lebih mengetahui apa yang terbaik bagi kita (bukan diri kita sendiri).

Bagaimana dengan posisiku saat ini?? Aku tidak tahu, bagaimana dengan posisiku saat ini berlanjutkah atau sudah stop. Aku masih menunggu akan kemanakah Alloh menggiring proses ini selanjutnya. Aku masih mengunggu………………………

Ketetapan berada di tanganNYA.

Yang bisa aku lakukan sekarang hanyalah, memupuk rasa sabar…..

Jangan sampai kesabaran ini runtuh dan aku menjadi putus asa, aku ingin apapun hasil akhir dari proses ini, itu adalah ketetapan yang penuh dengan keindahan, kebahagiaan dan keberkahan yang dapat dirasakan bagi semua pihak yang terkait dan hubungan saya (kami) dgn pihak2 yang telah membantu dalam proses ini tetap berjalan dengan baik dan indah.

Lelah akan segera hilang

JIKA ENGKAU LELAH MENGERJAKAN SUATU KEBAIKAN,

MAKA INGATLAH

BAHWA RASA LELAH ITU AKAN SEGERA HILANG SEDANG KEBAIKAN ITU AKAN KEKAL DALAM KEABADIAN

(ALI BIN ABI THALIB)

HADITS DIPEROLEH DARI SMS “S”

Rabu, 26 Januari 2011

aku dan cheng ho (iseng)


cheng ho.. minta uang dong...
cheng ho, minta uang plizzzz... hikkssssszz.. gak dikasih juga:((

CITARIK

di citarik neh. jadi kangen tyas dan dewi. klw yang lain masih suka ketemu tapi sama tyas dan dewi gak... karena tyas dan dewi dah gak di BM lagi. hikksszzzzzz.... kangen......

MENIKAH

kenangan di pernikahan bu siti

dedededededdeedededeededededede

dededededededdeddededdeddededdddeddededededdededededdededededededdededededededededdededededdedededededededdededeeeeeeddedededededdedededdededdeddedededededededededededededddedededdededdde

kkakakakakakakakkakakakakakakaka

kakakakkakakakakakakakakakakkakakakakakakakakkakakakaakkakakakakkkakkaakkakakakakakakakkkkakakakakakakakakakakakakakakakakkakakkkkakakakkakakakakaakkkakakakakakakakakkkakakakakakkakakakakk

Selasa, 25 Januari 2011

Menikah Membuat Jadi Pintar

Oleh Mamah Hikmatussa'adah

Banyak yang bertanya pada saya ketika saya telah menikah. “Mbak nikah itu enak ya?” saya bingung menjawabnya. Boleh dikatakan nikah secara umum secara kasat mata memang enak. Ke mana-mana berdua, punya ruang curhat sendiri, punya pendamping, dan hal indah lainnya. Apalagi bagi mereka yang baru merasakan nikmatnya pacaran setelah menikah. Benarlah syair sebuah lagu mengatakan, “jatuh cinta berjuta rasanya.”

Tapi tidak hanya itu saja. Hidup ini bagai dua mata koin yang saling berdampingan. Saat mereka bilang menikah itu enak, ada pula sebagian dari mereka yang mengatakan sebaliknya. Bagi yang hubungan rumah tangganya tidak harmonis misalnya, tentu akan memberi kesan sendiri tentang arti sebuah pernikahan. Saya tidak mau menakut-nakuti anda. Tapi memang begitulah konsekuensi dari pernikahan. Ketika berani mengambil keputusan menikah, maka harus pula berani belajar. Itu yang perlu digaris bawahi.

Dalam pernikahan pun kita harus banyak belajar. Belajar untuk sabar, menahan emosi, pengertian, faham, tidak egois, penyayang dan sebagainya. Belajar tentang dunia baru dalam babak kehidupan. Dan sebaiknya kita belajar segala hal tak hanya sendiri, tapi berdua dengan pasangan kita. Tapi saya lebih suka bilang dengan menikah kita jadi pintar. Karena ada beberapa teman saya yang mengeluh "Mbak, saya takut menikah, belum siap." dan sebagainya. Padahal dalam menikah itu Allah telah siapkan tarbiyah (pendidikan) untuk kita semua. Yang bahkan kita belum pernah dapatkan itu di bangku sekolah.

Kita jadi pintar berperan sebagai istri, suami, ibu, ayah, teman untuk anak-anak kita, berperan sebagai psikolog untuk mendengar curhat dan member solusinya, pintar membagi waktu, melayani pasangan kita, menata rumah, memasak, menjaga penampilan, mengatur keuangan, dan hal lainnya. Subhanallah! Maha Suci Allah yang Maha Tau dengan segala kebutuhan hambaNya.

Jadi jangan takut untuk menikah. "Tapi bagaimana Mbak dengan kendala orang tua dan ekonomi?" Pertanyaan yang kesekian kalinya yang saya dengar saat seseorang hendak menikah. Tenang saja, selama kita yakin, ikhtiar dan tawakal sama Allah maka semuanya akan mudah dilewati. Bukankah dengan menikah Alloh akan membuat rezeki kita semakin bertambah? Buktinya, anda yang masih sendiri kini menjadi berdua dengan pasangan anda. Yang tadinya hanya memiliki keluarga kecil maka kini keluarga anda bertambah besar. Serahkan semua urusan pada Nya. Maka semuanya akan terasa ringan dilalui.

Berpeganglah pada tali agama Alloh. Maka seberat apapun ujian itu, saya yakin anda akan keluar sebagai juaranya. So, menikah? Siapa takut! Wallohu ‘alam bishowab.

(Mamah Hikmatussa’adah anggota FLP Cabang Sangatta)

http://www.eramuslim.com/oase-iman/mamah-hikmatussa-adah-menikah-membuat-jadi-pintar.htm

*aku melihat tulisan ini ketika aku buka eramuslim, niat awalnya mau baca bagian kolom berita dulu, tapi judul tulisan ini membuat penasaran.. "menikah membuat jadi pintar", apa maksudnya??? ;)) ternyata setelah dibaca.....:)) tulisan yang menarik, sederhana tapi mengena.



Senin, 24 Januari 2011

Beauty Is Pain

bener banget, apa yang dibilang temenku klw cantik itu sakit.
aku jadi inget istilah itu lagi setelah baca berita omg di yahoo,. klw bintang sexy di jerman meninggal dunia setelah melakukan operasi (maaf) payudara. naudzubillahi min dzalik..

saking karena pengen cantik dan "sempurna"nya, sebagian wanita memang banyak yang mengusahakan dengan cara ini dan itu.. "huufff.. klw aku pikir seh, capek deh, emang penting yah?", gak kan????

gak usah jauh2 sampe tahap operasi deh, yang sederhana aja, banyak temenku yang suka banget tampil cantik dengan high heel nya, padahal katanya pake high heel itu sakit, tapi sebagian mereka tetep aja pake..

tapi emang aneh seh, sebagian temanku bilang, "klw pake high heel itu kakinya keliatan bagus&cantik."
ok.. bolehlah...
tapi klw kita sendiri jadi sakit karenanya. pilih mana: orang ngeliat kita cantik, tapi kaki jadi pegel2 atau kita terlihat biasa aja tapi kita nyaman???
kayaknya seh enakan pilih yang kedua deh...
hehehe.. iya gak?

tapi tiap perempuan beda seh, jadi saling menghargai pilihan masing2 aja, toh dalam hal ini tidak ada yang benar atau salah, tergantung pilihan dan pertimbangan masing2, iya kan??
mungkin, kapan2 aku juga mau coba pake high heel. huahahaha.. biar keliatan lebih cantik;)
hehehe.. walaupun gak yakin juga dengan pake high heel bisa jadi lebih cantik. xixixix..

dasar wanita yah?? suka aneh2 aja...
plizzzz deh..
dasar wanita
aku juga wanita;)

2 Bait Mutiara

"orang yang paling hebat adalah orang yang sederhana dalam berkata dan brilian dalam bertindak." (Confusius, filsuf China)

"kesuksesan bukanlah buah kurma yang langsung kau rasakan nikmatnya, engkau tidak akan mencapai kesuksesan sebelum kau kunyah kepahitan dan kesedihan." (sms dari Ummi Asya)

Rabu, 19 Januari 2011

**Nostalgia lagi

MASALAH ADALAH KENISCAYAAN

Masalah dalam hidup adalah sebuah kenisyaan atau kepastian yang tidak mungkin dihindari. setiap orang yang hidup pasti memiliki masalah, tidak mungkin tidak, karena masalah adalah pasti!!
Justru orang yang tidak merasa punya masalah itulah orang yang pasti bermasalah dengan dirinya.
Oleh karena itu beruntunglah orang yang masih "merasa" memiliki masalah karena itu adalah indikasi bahwa anda masih hidup dan eksis di dunia ini:)

Apakah harus terpuruk karena masalah??
tentu saja tidak!! walaupun berjuta masalah yang ada di depan mata, kepala harus tetap dingin, hati harus tetap tenang dan pikiran harus tetap jernih, supaya masalah yang berjuta tersebut dapat berkurang dan terselesaikan satu persatu.

Ingatlah 4 kiat praktis ini.. ini adalah kiat praktis dalam menghadapi masalah:
1. siap
2. ridho
3. jangan mempersulit diri
4. evaluasi diri

SIAP.. siap disini berarti kita sebagai orang yang hidup harus siap dengan segala kemungkinan yang mungkin terjadi dalam kehidupan kita. ingatlah bahwa tidak semua hal yang terjadi dalam kehidupan kita dapat sesuai dan cocok 100% dengan "maunya" kita. jadi harus selalu ada ruang untuk lapang dada dalam hati kita, apabila yang terjadi ternyata tidak sesuai harapan.

RIDHO.. berarti kita harus ridho dengan apapun yang telah menjadi ketetapanNYA. ingatlah bahwa hanya Allah yang mengetahui yang terbaik bagi hambaNYA. Apa yang menurut kita baik belum tentu baik menurut perhitungan Allah, dan apa yang kita nilai buruk belum tentu juga buruk menurut kaca mata allah. penilaian allah tidak mungkin salah, sedangkan pertimbangan kita bisa saja keliru. so, apapun yang telah terjadi dan menjadi ketetapanNYA, yakinlah bahwa itulah yang terbaik untuk kita menurut perhitungan Allah yang tidak mungkin salah.

JANGAN MEMPERSULIT DIRI.. artinya janganlah membesarkan sesuatu yang kecil dan jangan pula menganggap kecil sesuatu yang besar. ini berarti juga bahwa kita harus belajar memandang masalah dengan mata yang normal, tanpa kaca mata cekung ataupun cembung. lihatlah masalah apa adanya, jika memang kecil jangan dibesar-besarkan dan jika memang besar jangan pula disepelekan. kuncinya adalah kecil ataupun besar masalah kita hadapilah dengan kepala dingin, pikiran yang jernih, dan hati yang tenang.

EVALUASI DIRI.. jadikanlah setiap masalah yang kita hadapi sebagai sarana yang efektif untuk mengevaluasi dan memperbaiki diri kita.

Sumber Inspirasi:
Surat cinta Allah swt untuk para HambaNYA (diantaranya: surat Al-baqarah: 286
surat Al-Mu'minuun: 62, dll)
Buku saku aa Gym-MQS press

**tulisan pertama di blog

Selasa, 18 Januari 2011

I B U

dulu waktu awal2 berkarir, gak suka banget di panggil ibu, kecuali di lingkungan sekolah. tapi klw diluar sekolah dipanggil ibu, kaya gak ikhlas gitu, berasa tua gimana gitu.
tapi beda dulu beda sekarang
sekarang saya enjoy2 aja klw ada yang menyapa ibu, baik didalam maupun di luar sekolah
dari mulai supir angkot, pedagang, kondektur metro sampai sesama mahasiswa. hehehe..

selain karena emang saya ibu guru, saya juga kan calon ibu;))
jadi sekarang seh, mau siapapun yang menyapa aku dengan ibu, akan aku beri ia hadiah senyuman. terima kasih...
aku ibu tanty..
hhihihhii..

senang sekali rasanya, disapa dengan panggilan ibu
berasa dewasa, tua, dan dihargai oleh orang2 disekitar dan siapapun yang menyapa
lagi dan lagi terima kasih..
thanks to ALLAH atas segala karunia berupa kesehatan , kebahagiaan, dll


dipanggil ibu??
siapa takut:))

oleh: Ibu Tanty

MENCINTAI ALLAH

Assalamu'alaikum wr. wb.

Ustad, saya mau tanya bagaimana agar dalam hati, kita bisa mencintai Allah namun sekaligus takut kepada Allah?mohon jawabannya.

Wassalamu'alaikum wr. wb.

Johan

Jawaban

Wa'alaikumussalam Wr Wb

Saudara Johan yang dimuliakan Allah SWT

Mencintai Allah adalah sebuah kewajiban bagi setiap muslim, sebagaimana firman Allah SWT :

وَمِنَ النَّاسِ مَن يَتَّخِذُ مِن دُونِ اللَّهِ أَندَادًا يُحِبُّونَهُمْ كَحُبِّ اللَّهِ ۖ وَالَّذِينَ آمَنُوا أَشَدُّ حُبًّا لِّلَّهِ ۗ وَلَوْ يَرَى الَّذِينَ ظَلَمُوا إِذْ يَرَوْنَ الْعَذَابَ أَنَّ الْقُوَّةَ لِلَّهِ جَمِيعًا وَأَنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعَذَابِ

Artinya : “Adapun orang-orang yang beriman Amat sangat cintanya kepada Allah.” (QS. Al Baqarah [2] : 165)

Imam Bukhori meriwayatkan dari Anas bahwa seorang laki-laki dari penduduk kampung datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam seraya berkata; "Wahai Rasulullah, kapankah hari Kiamat akan terjadi?" beliau menjawab: "Celaka kamu, apa yang telah kau persiapkan?" laki-laki itu berkata; "Aku belum mempersiapkan bekal kecuali aku hanya mencintai Allah dan Rasul-Nya." Beliau bersabda: "Kalau begitu, kamu bersama dengan orang yang kamu cintai."

Seorang muslim didalam beribadah kepada Allah hendaklah menyatukan antara kecintaannya kepada Allah, takut kepada-Nya serta mengharapkan pahala dan keutamaan dari-Nya. Artinya bahwa diharuskan bagi seorang muslim didalam beribadah kepada Allah menyertai ketiga hal itu secara bersamaan tanpa boleh memisahkan satu dari yang lainnya.

Kemudian bagaimana memunculkan perasaan cinta didalam diri seorang muslim kepada Allah SWT :

  1. Hendaklah ia melihat dirinya sendiri, bukankah dia mencintai dirinya itu, mencintai kesempurnaannya, mencintai kelanggengannya dan membenci hal-hal yang dapat mencelakakannya, mengurangi kesempurnaanya dan meninadakannya. Jika dia begitu mencintai dirinya sendiri lalu mengapa dia tidak mencintai Allah SWT yang telah mengadakan dirinya, memberikan kesempurnaan dan berbagai kelebihan kepadanya?!

    Tentulah jika ia mau obyektif dan jujur melihat hal itu pastilah ia akan lebih mencintai Allah daripada dirinya sendiri. Hasan al Bashri mengatakan,”Siapa yang mengetahui Tuhannya, pasti mencintai-Nya dan siapa yang mengetahui dunia pasti menjauhinya.”
  2. Dirinya pastilah mencintai mencintai orang yang telah berbuat baik kepadanya, memperlakukannya secara lemah lembut, memberikannya bantuan, pembelaan dan perlindungan dari hal-hal yang dapat mencelakannya. Jika dirinya pun mau jujur pastilah dia akan menjadikan kecintaan yang utama adalah kepada Allah SWT karena Dia lah yang memberikan segala sesuatu yang ada pada dirinya sehingga dirinya bisa menikmati kehidupannya dengan sempurna melebihi daripada semua orang yang telah berbuat baik kepada dirinya walaupun jika semua perbuatan baik mereka itu dijadikan satu jika dibandingkan dengan kenikmatan yang telah berikan Allah kepadanya.

    وَإِن تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللَّهِ لَا تُحْصُوهَا ۗ إِنَّ اللَّهَ لَغَفُورٌ رَّحِيمٌ


    Artinya : “Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. An Nahl [16] : 18)
  3. 3. Dirinya pun mencintai orang-orang yang melakukan kebaikan meskipun kebaikannya itu tidak sampai kepadanya atau tidak didapatkannya, seperti kecintaannya kepada seorang penguasa alim, adil, ahli ibadah dan menyayangi rakyatnya. Tentunya kecintaan kepada Allah haruslah lebih utama daripadanya karena Allah lah yang telah berbuat baik kepada semua pihak dan berjasa kepada semua makhluk.

Wallahu A’lam

http://www.eramuslim.com/ustadz-menjawab/mencintai-allah.htm
tgl donlut, 18 januari 2011

MISKIN SIMBOL

ajarin aku bikin simbol2 yah, pengen bisa menggambarkan perasaan lewat simbol2 yang lucu dan pas, tapi gak bisa!!
paling cuma bisa bikin simbol lagi senyum, cemberut, sedih. hehehe.. itu pun gak pas2 banget
hehehe.. gak bisa, emang gak bakat, tapi pengen bisa. gak perlu dalam bentuk gambar, karena buat aku itu terlalu sulit. yang sederhana aja, yang biasa aja, yang penting cukup dan pas untuk menggambarkan perasaan yang ada di hati.

klw biasanya menggambarkan perasaan dalam bentuk tulisan, pengen juga sesekali mengungkapkannya dalam bentuk simbol. hhihihhhiii.. asyik juga kali yah, bisa buat refreshing. klw lagi jenuh dengan hal yang itu2 saja.
biasanya aku gitu, klw lagi bosan atau jenuh, aku akan melakukan hal2 yang jarang atau tidak biasa aku lakukan. bentuknya sederhana kok, gak yg aneh2.
cuma sebatas, misalnya, aku gak biasa beli es krim, tiba2 beli eskrim, aku yang biasanya makan nasi trs ganti beli mie, aku yang biasanya gak pernah jalan ke mall, tiba2 mau di ajak muter2 di mall ma teman. aku yang biasanya jarang sms teman yang jauh (karena kesibukan), lalu aku sms sambil tidur2aan.

cuma yang kaya gitu2 aja seh, itu juga dapet di ajarin temenku. segila2nya, paling cuma manggilin orang lewat bagian informasi padahal orang itu jelas2 gak ada. cuma kangen aja. hahaha... kenangan masa lalu... (i love u, tdy...). makasih dah jadi temen, sahabat, dan kakak bagi t. T_T..
lama banget kita gak ketemu, hikkszzzz.. t tau seh, mungkin t yang sombong karena jarang atau hampir gak pernah ke depok lagi. abis t kadang males pergi kemana2, dengan keg sekolah dan kampus aja t udah capek banget,, tenaganya udah gak sekuat dulu lagi. hihihhii.. maklum tdy, faktor U.. hehehe.. berasa tua. faktor Usia. udah gak sekuat dulu lagi. xixixixix..

semoga tdyah selalu dalam keadaan sehat dan bahagia selalu. bahagia dunia dan sejahtera di akhirat.. itu kan cita2 kita, dan semua..
love u.. love u.. love U...

*untuk tdyah: sahabat, dan kakak
(oret2, kangen sama tdyah)

Minggu, 16 Januari 2011

R E N U N G A N

Jika hati telah dipenuhi kesibukan dengan makhluk dan ilmu yang tidak bermanfaat, maka tidak akan tersisa baginya kesibukan terhadap Alloh Subhaanahu wa Ta'ala, mengetahui nama-nama, sifat-sifat, dan hukum-hukum-Nya. Jika hati dan telinga sering digunakan untuk mendengarkan selain perkataan Alloh, ia tidak akan terbiasa mendengarkan dan memahami perkataan-Nya. Begitu juga jika hati condong mencintai selain Alloh, maka ia tidak akan condong untuk mencintai-Nya. Jika hati terbiasa mengingat selain Alloh, maka ia tidak akan terbiasa mengingat-Nya. [Ibnu Qoyyim al-Jauziyyah Rohimahulloh.

**astagfirulloh hal'adzim….

Maafkan kami yaa Allah, yang telah lalai dari mengingat-MU.

Maafkan kami yaa Allah, yang telah menjatuhkan diri kami dalam KUBANGAN kesia2an padahal engkau telah memberi tauladan kepada kami melalui rasul-MU.. Nabi Muhammad SAW.

Maafkan kami yaa Allah..

RABBANA ATINA FIDDUNIYA HASANAH WAFIL AHIROTI HASANAH WAQINA ADZABANNAR.. (YA ALLAH BERILAH KAMI KEBAHAGIAN DI DUNIA DAN KESEJAHTERAAN DI AKHIRAT)

Jumat, 14 Januari 2011

Fenomena akhwat Facebook-ers (Senin, 10/01/2011)

Suatu hari saat chatting YM, saat aku belum memiliki akun FB..

”Ada FB ga?”

”Ga ada. Adanya blog multiply. perempuanlangitbiru.multiply.com..”

Tak berapa lama kemudian.

”Kok foto di MPmu (multiply, red), anak kecil semuanya siih? Fotomu mana?”, tanya seorang akhwat yang baru dikenal dari forum radiopengajian.com.

”Itu semua foto keponakanku yang lucu..”, jawabku.

Suatu hari di pertemuan bulanan arisan keluarga..

"De' kok di FBmu ga ada fotomu siih?" tanya kakak sepupu yang baru aja ngeadd FB-ku.

"Hehe.. Ntar banyak fansnya.." jawabku singkat sambil nyengir.

Suatu siang di pertemuan pekanan..

"Kak, foto yang aku tag di FB diremove ya? Kenapa kak?" tanya seorang adik yang hanya berbeda setahun dibawahku..

"He.." jawabku sambil senyum nyengir yang agak maksa.

Suatu malam di rumah seorang murid.

”FBmu apa? Saya add ya..” tanya bapak dari muridku.

Setelah add FBku sang bapak bertanya, ”Kok ga ada fotonya siih?”

Aku hanya bisa ber-hehe-ria.

Dari beberapa kejadian itu, aku hanya bisa menyimpulkan bahwa yang pertama kali dilihat orang ketika meng-add FB seseorang adalah fotonya. Entahlah apa alasannya, mungkin memang ingin tahu bagaimana wajah sang pemilik akun FB, padahal kan yang di add biasanya yang sudah dikenal. Lantas jika memang sang empunya akun tidak memajang foto dirinya di FB, langsung deh jadi bahan pertanyaan, bahkan untuk seorang akhwat sekalipun.

Jika ditilik-tilik, fenomena foto akhwat yang bertebaran di dunia maya nampaknya sudah bukan barang asing lagi. Kita dengan mudah menemuinya termasuk di FB. FB yang merupakan suatu situs jejaring sosial begitu berdampak besar bagi pergaulan masyarakat dunia, pun termasuk pergaulan di dunia ikhwan akhwat.

Maraknya foto akhwat yang bertebaran di FB, membuat LDK (Lembaga Da’wah Kampus) suatu kampus ternama harus membuat peraturan yaitu tidak memperbolehkan akhwat aktivis da’wah kampus memajang foto dirinya di FB. Tentu saja banyak reaksi yang muncul dari peraturan dan kebijakan itu, mulai dari yang taat menerima dengan lapang dada sampai ada juga yang mem’bandel’. Namun apalah arti sebuah peraturan jika memang kita tidak mengetahui fungsi dan tujuannya dengan benar, dapat dipastikan peraturan hanya untuk dilanggar jika ditegakkan tanpa kepahaman.

***

Di suatu pertemuan para akhwat aktivis da’wah kampus..

”Ayolaaah, foto bareng..” rayuku sebagai fotografer ketika terheran-heran melihat seorang akhwat yang tidak mau ikut foto, menjauhi kumpulan akhwat yang siap-siap berpose.

Selidik punya selidik ternyata akhwat tersebut kapok untuk difoto karena fotonya beredar di FB padahal dia ga punya FB. Fotonya bisa beredar di FB karena teman-teman satu jurusan mengunduh foto momen bersama di FB yang tentu saja ada dirinya di dalam foto itu. Padahal saat itu, aku belum punya FB (hanya memiliki blog di multiply) dan tidak terbersit sedikit pun berniat untuk mempublish foto itu di dunia maya, yaaa hanya untuk disimpan di folder pribadiku. Foto kebersamaan dengan para saudari seperjuangan yang bisa membangkitkan semangat di saat-saat tak bersemangat, hanya dengan melihatnya.

Jika diperhatikan dengan seksama, ternyata benar bahwa orang-orang termasuk akhwat sudah terbiasa berkata, ”Nanti jangan lupa di upload n di tag in di FB ya..” setelah melakukan foto bersama.

Benar saja! Di suatu kesempatan berselancar di dunia maya, di saat aku akhirnya memutuskan membuat akun FB, melihat-lihat, berkunjung ke FB para akhwat, dan ternyata benar saja foto-foto akhwat dengan mudah dilihat para pengguna FB yang telah menjadi temannya. Aku yang memiliki kepribadian idealis-pemimpi agak terkejut juga melihat hal itu, secara baru terjun di dunia perFBan.

Terkejut karena kecantikan para akhwat dengan mudah dinikmati oleh orang lain. Aku agak bingung juga harus bagaimana melihat fenomena akhwat facebook-ers. Ada kekhawatiran apakah terlalu idealisnya pikiranku yang mungkin sebenarnya mengunduh foto sudah menjadi hal yang biasa saja di kalangan para akhwat. Itulah realita yang ada. Entah apa yang melatarbelakangi para akhwat akhirnya mengunduh foto pribadinya atau bersama rekan-rekannya di FB.

Hingga akhirnya pada suatu hari, terjadilah sebuah percakapan:

”Kenapa siih yang dilarang majang foto itu cuma akhwat? Kenapa ikhwan juga ga dilarang?? Bukannya sama aja ya? Sama-sama bakalan dinikmati kecantikan atau kegantengannya kan?” tanyaku bertubi-tubi kepada seorang saudari yang sepemikiran denganku tentang fenomena foto akhwat di FB.

”Ya beda-lah.. Coba kita liat para cewek yang ngefans sama artis-artis cowok Korea, mereka cuma ngeliat cowok Korea itu sekadar suka-suka yang berlebihan.. Udaaaah, hanya sebatas suka ngeliat. Tapi kalo cowok yang ngeliat foto cewek, itu beda. Kamu tau kan kalo daya lihat para cowok itu berbeda? Ada pemikiran-pemikiran tertentu dari para cowok ketika melihat seorang cewek bahkan hanya sekadar foto.”

Hmm.. yayaya.. Memang aku pernah mendengar bahwa daya lihat seorang laki-laki itu 3 dimensi. Laki-laki bisa membayangkan dan memikirkan hal-hal yang abstrak diluar dari yang dia lihat. Bahkan katanya lagi, seorang laki-laki bisa saja memikirkan seorang perempuan tanpa berbusana hanya karena melihat seorang perempuan yang berbusana mini berlalu di hadapannya. Namun kebenaran itu belum bisa kubuktikan karena aku hanyalah seorang perempuan biasa bukan seorang laki-laki.

Pantas saja Allah memerintahkan kita untuk menahan pandangan, seperti dalam firman-NYA:

Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman, "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat". Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya. . . . .” (QS. An-Nuur [24] : 30-31)

Ayat ini turun saat Nabi Shalallahu a’laihi wassalam pernah memalingkan muka anak pamannya, al-Fadhl bin Abbas, ketika beliau melihat al-Fadhl berlama-lama memandang wanita Khats’amiyah pada waktu haji. Dalam suatu riwayat disebutkan bahwa al-Fadhl bertanya kepada Rasulullah Shalallahu a’laihi wassalam, “Mengapa engkau palingkan muka anak pamanmu?” Beliau Shalallahu a’laihi wassalam menjawab, “Saya melihat seorang pemuda dan seorang pemudi, maka saya tidak merasa aman akan gangguan setan terhadap mereka.”

Dari ayat diatas dapat dilihat bahwa yang diperintahkan untuk menahan pandangan bukan saja laki-laki namun juga perempuan. Untuk itu, sudah seharusnya kita menjaga pandangan dari hal-hal yang tidak seharusnya kita pandang.

Lalu apa hubungannya dengan pemajangan foto di dunia maya?

Jika dulu kasus menjaga pandangan hanya karena bertemu dan bertatap langsung, namun saat ini sudah lebih canggih lagi, tanpa bertemu dan bertatap pun, godaan menahan pandangan itu tetap ada. Ya! Bisa jadi dengan banyaknya bertebaran foto akhwat di dunia maya, itulah godaan terbesar. Buat para ikhwan, harus mampu menahan pandangan di saat berselancar di dunia maya, di saat-saat kesendirian berada di depan layar komputer ataupun laptop. Kondisikan hati terpaut dengan Allah saat-saat kesendirian, jangan sampai kita menikmati foto akhwat yang bertebaran di dunia maya. Buat para akhwat, yang memang merupakan godaan terbesar bagi para ikhwan, akankah kita terus menciptakan peluang untuk membuat para ikhwan ter’paksa’ memandangi foto-foto pribadi kita?

***

Kejadian demi kejadian yang kutemukan di dunia maya begitu banyak menyadarkanku akan pentingnya seorang akhwat menjaga dirinya untuk tidak mudah mengupload foto dirinya di dunia maya.

Beberapa hari belakangan ini, ketika sedang mencari desain kebaya wisuda untuk muslimah berjilbab di mesin pencari google, diri ini dipertemukan dengan sebuah blog yang bernama 'jilbab lovers'. Pecinta jilbab. Ya! Sesuai namanya, di blog itu berisi hampir semuanya adalah foto-foto muslimah berjilbab dengan berbagai pose. Di antara beberapa foto muslimah berjilbab itu, aku temukan 3 komentar yang mengomentari foto seorang gadis, aku akui gadis dalam foto itu sungguh cantik, memenuhi kriteria wanita cantik yang biasanya dikatakan sebagian besar orang. Beginilah kurang lebih komentar 3 orang laki-laki pada foto gadis itu dengan sedikit perubahan:

”Itu baru namanya gadis .. cantik nan islami.. sempuuuuurnaaaa... salam kenal..”

”Subhanallah ada juga makhluk Allah seperti ini ya..”

”Subhanallah..”

Jika kita lihat ke-3 komentar diatas, bisa dilihat bahwa komentarnya begitu islami dengan kata-kata Subhanallah namun juga menyiratkan bahwa sang komentator begitu menikmati kecantikan sang gadis di dalam foto. Hal ini menandakan bahwa siapapun yang melihat foto itu memang pada akhirnya akan menikmati kecantikan sang gadis berjilbab. Allahurobbi, akankah kita -para akhwat- rela jika kecantikan diri kita dapat dengan bebas dinikmati oleh orang lain yang belum halal bagi kita bahkan belum kita kenal?

Mungkin akan ada sebagian dari kita -para akhwat- yang akan menepisnya, ”Aaahh,, itu kan foto close up. Kalo foto bareng-bareng ya gpp donk?”

Hmm.. ada satu lagi yang kutemukan di dunia maya mengenai foto muslimah berjilbab. Pernah suatu hari, ketika diri ini mencari gambar kartun akhwat untuk sebuah publikasi acara LDF (Lembaga Da’wah Fakultas) di mbah google, kutemukan foto muslimah berjilbab yang sudah diedit sedemikian rupa hingga menjadi sebuah gambar porno. Memang gambar itu tidak kutemukan langsung diawal-awal halaman pencarian google, tapi berada di halaman kesekian puluh dari hasil pencarian keyword yang aku masukkan. Terlihat foto wajah sang muslimah begitu kecil (kuduga dicrop dari sebuah foto) dan dibagian bawah wajah sang muslimah berjilbab diedit dengan dipasangkan foto/gambar sesuatu yang seharusnya tidak diperlihatkan. Naudzubillahimindzalik..

Bagaimana perasaan kita jika seandainya melihat foto diri kita sendiri yang sudah diedit menjadi gambar porno dan dinikmati oleh orang banyak di dunia maya? Atau bagaimana perasaan kita jika ada kerabat dekat yang melihat foto kita yang sudah diedit sedemikian rupa menjadi gambar porno?

Semoga saja hal ini tidak menimpa diri kita. Ya Rabb,, bantu kami –para akhwat- untuk menjaga kemuliaan diri kami..

Mungkin kita bisa mengambil teladan dari kejadian di bawah ini...

Suatu ketika, diri ini menemukan blog (multiply, red) seorang ustadz. Dalam blog itu, terlihat foto sang ustadz bersama ketiga anaknya yang masih kecil, tanpa terlihat ada istrinya. Di bawah foto itu diberi keterangan, ”mohon maaf tidak menampilkan foto istri saya..”

Dari situ aku ambil kesimpulan bahwa sang ustadz sepertinya memang tidak ingin menampilkan foto sang istri. Bisa jadi karena begitu besar cintanya terhadap sang istri, maka tak boleh ada yang menikmati kecantikan sang istri selain dirinya, begitu dijaga sekali kemuliaan istrinya. Ya Rabb, semoga kami -para akhwat- bisa menjaga kemuliaan diri kami..

Mungkin kita bisa mengambil hikmah dari kejadian di bawah ini...

Baru saja kemarin, di perkampungan multiply, MP, ada berita bahwa ada seorang ikhwan yang tiba-tiba minta ta’aruf dengan seorang akhwat padahal belum kenal sang akhwat dan hanya melihat foto sang akhwat di FB. Huufffhh.. ada-ada aja..

Jika diliat dari akar masalahnya mungkin berasal dari foto sang akhwat di FB, bukan begitu?

Jadi, apa yang akan kita –para akhwat- lakukan setelah ini?

***

Tulisan ini dipublish terutama ditujukan pada diri sendiri sebagai seorang akhwat serta untuk saling mengingatkan para facebookers yang lain. Semoga kita bisa menjaga kemuliaan diri kita sebagai seorang akhwat ketika berada di dunia maya.

”Kejahatan itu bukan hanya sekadar berasal dari niat seseorang untuk berbuat jahat tapi karena ada kesempatan. Waspadalah.. Waspadalah..”

Semangat bermanfaat!

Jadikan dunia maya sebagai ladang amal kita

###

Penulis bernama LhinBlue, seorang staf di biro PPSDM (Pengembangan dan Pembinaan Sumber Daya Muslim) SALAM UI, yang baru saja menyelesaikan studi S1 di Kimia FMIPA UI

Mahasiswi Kimia FMIPA UI 2006

http://perempuanlangitbiru.multiply.com

http://www.eramuslim.com/akhwat/muslimah/fenomena-akhwat-facebook-ers.htm
**senang menemukan tulisan2 yang sesuai dengan pemahaman aku. aku jadi ngerasa gak sendiri dan tulisan2 ini aku simpan dalam blogku sebagai penyemangat agar tetap istiqomah dengan cara pandangku yang mungkin cukup banyak berbeda dengan mayoritas teman2, kerabat dan saudara disekitar.
**Allahu akbar, tetap semangat yah cin ;))
**tgl donlut: jumat 14 jan 11

Mengapa Takut Bila Facebook Ditutup? (Jumat, 14/01/2011)

Oleh Syaripudin Zuhri

Bumi dunia maya menjadi gonjang ganjing ketika terdengar kabar bahwa Facebook (FB) akan ditutup, dunia maya ini menjadi gempar seluruh jagat raya maya ini, banyak yang bertanya-tanya, mengapa dan bagaimana sampai FB mau ditutup, sepertinya dunia nyata ini akan ada kiamat kalau FB ditutup. Rasanya dunia akan hampa tanpa adanya FB, rupanya banyak manusia sudah 'menghamba' pada FB ini, padahal ada atau tidak FB dunia akan berjalan seperti biasa, tapi para 'penghamba' FB pada protes ketika FB kabarnya akan ditutup.

Aha! Rupanya manusia sudah 'terjajah' oleh Facebook, ketika terdengar kabar bahwa FB akan ditutup membuat orang-orang menjadi gerah, resah, bahkan ada yang sampai paranoid, ketakutan yang tak beralasan. Aneh memang, sebuah sarana jaringan sosial telah 'membius' manusia hingga berjuta-juta manusia terjaring di dalamnya, sampai-sampai ada yang ajaib, ada yang chating di kantor dengan teman di sebelah tempat duduknya. Mereka tidak bicara, hanya jari-jarinya tat-tut-tat-tut di keyboard laptop atau komputer, sambil terkadang cekikikan tak karuan.

Aneh memang dengan FB, orang bisa berjam-jam chating dengan orang di seberang 'sana' padahal riilnya, hanya tetangga rumah, teman kantor sebelah kamar atau bahkan teman seruangan, yang uniknya lagi chating dengan teman di sebelah tempat duduk! Gila, manusia benar sudah dibuat tergila-gila dengan FB, apa lagi sarananya ditambah dengan Blackberry. Bila chating dengan orang di 'sana' lintas daerah, lintas kota atau negara bisa dimaklumi, selain menjaga silaturahmi, juga menambah persaudaraan di dunia maya.

Tapi bila yang terjadi, dengan orang-orang di seberang 'sana' begitu akrab, eh dengan orang orang yang riil di seberang 'sini' saling bermusuhan, saling tidak menyapa, saling diam, sibuk dengan orang-orang yang ada di 'sana', maka yang terjadi sosilisasi masyarakat menjadi 'terganggu' semuanya akhirnya diam seribu bahasa. Bila ini terus berlanjut, manusia-manusia bisa-bisa bukan lagi makhluk sosial, tapi menjurus kepada makhluk yang begitu egoist, yang tak peduli lagi dengan orang sekelilingnya, mereka asik dengan dirinya sendiri.

Maka tidak heran ketika ada berita FB akan ditutup, banyak orang yang resah, aneh. Dulu tak ada FB, orang biasa saja, mestinya bila FB tak ada lagi, ya biasa saja. Loh kenapa pada resah? Itu makanya saya sebut diatas, manusia berjuta-juta orang sudah 'dijajah' oleh FB, jutaan Dollar, bahkan milyaran Dollar ditenggelamkan dengan jaringan ini. Bahkan yang sudah tergila-gila FB, lebih baik tak makan dari pada sehari tidak membuka FB. Dampak lainnya, yaitu tadi, manusia menjadi 'diikat' oleh FB, bahkan ada yang menyebut 'Jamaah FB' Lahirlah agama baru bernama FB!

FB tetap netral, positif dan negatifnya tergantung pada penggunanya. Namun kalau FB di tutup, banyak yang merasa dirugikan, karena FB sudah menjadi ladang yang sangat menguntungkan bagi pemiliknya juga penggunanya. Siapapun pemiliknya hanya tinggal berkipas-kipas sekarang dan karena yang menggunakan sudah jutaan orang di seluruh penjuru dunia, maka siapapun pemiliknya tak akan menutup FB, kecuali bangkrut!

Namun rasanya tak akan bangkrut, kalau 'Jamaah FB' terus menerus chatting dan mengupload foto-foto atau tulisan mereka. Sekarang kalau ditanya, siapa yang setuju FB ditutup? Dengan pertanyaan yang sama, siapa yang setuju Kompasiana ditutup? Saya yakin 99,99999 % banyak yang tak setuju bila FB ditutup. Bukankah FB dulunya tak ada? Kalau pakai analogi, dulu saat lahir kita tak punya apa-apa, ketika matipun kita tak bawa apa-apa, lalu mengapa hanya karena FB pada resah bila ditutup? Nah benarkan manusia telah 'dijajah' oleh FB?

Mengapa saya sebut 'dijajah' ? Ya itu tadi, rasanya kalau tidak buka FB atau Kompasiana dalam satu hari, ada sesuatu yang hilang. Jangan-jangan manusia lebih ingat FB, ketimbang Tuhannya! Jadi sudah tak imbang, hubungan dengan Tuhannya lupa, hubungang dengan manusianya di dunia maya berlebihan. Ya tunggu aja kehancurannya dan Allah punya cara sendiri untuk mengingatkan hambaNya yang lupa kepadaNya. Lagi pula kalau FB ditutup kan tidak kiamat! Bahkan bisa jadi membawa hikmah bagi yang kreatif, bahkan mungkin penggemar Kompasiana makin banyak, anda membuat sesuatu yang melibihi FB, mengapa tidak? Tapi ingat, jangan lupakan Allah!

Banyak manusia yang sudah benar-benar jatuh kepada syirik dengan adanya FB ini, ada yang yang begitu tergila-gila atau kecanduan FB, hingga tiada hari dan waktu yang terluang kecuali membuka FB, di mana sja dan kapan saja FB menjadi acuannya, ya sama kasusnya dengan penggunaan internet secra umum. Yakh taka pa-apa juga kalau memang digunkan hal-hal yang positif yang membawa hikmah bagi kehidupan, tapi kalau hanya ber-chatting ria dan cekakak-cekikik tak karu-karuan, ya ampun!

Yang lebih repot lagi seperti yang saya sebut di atas, ada yang sampai paranoid, ketakutan luar biasa ketika kabar FB akan ditutup, anehkan? Itu yang sya bilang dijajah, sudah 'menghamba' pada FB, terlalu! Iya masa hanay gara-gara FB kabarnya mau ditutup, mereka yang pada panas dingin, pada resah dan gelisah, padahal baru kabar, belum benar-benar ditutup, jangan-jangan kalau ditutup banyak yang pinsan atau pada bunuh diri, karena tak bisa bernansis ria lagi di depan khalayak ramai.

Aneh memang dunia sudah dijungkir balikan dengan adnya Internet ini, yang positif tak ada masalah, seperti adanya Eramuslim ini dan web yang sejenis, ini sangat positif, ada pertanyaan sedikit, megapa Eramuslim tidak sekalian membuat kolom khusus yang menyediakan ruang chatting bagi pembaca Eramuslim sekaligus tempat silaturrahim bagi pembacanya, kan lebih menarik tuh, ya sekalian mengcounter FB, itu yang saya sebut dengan kreatif di atas.

Jadi dengan FB yang akan ditutup atau tetap dibuka, yang penting bagi seorang muslim tidak tergantung pada apapun, kecuali Dia Yang Maha Besar, Allah SWT. Coba kita ulang lagi, masa gara-gara kabar FB mau ditutup pada gelisah dan resah, bahkan nyaris ketakutan, loh apa-apaan ini? Masa tergantung pada FB, anehkan? Biasa-biasa sajalah. Mungkin ini berlawanan arus dengan kebanyakan orang-orang, tapi tak apa-apa, biarkan saya jadi musuh bersama, loh dari pada tak ada yang mengingatkan bahwa FB itu bukan apa-apa, bukan Tuhan yang perlu disembah, diperhamba, jadi mengapa takut FB ditutup? Mari katakan, "FB ditutup? Siapa takut!"

Salam.

http://www.eramuslim.com/oase-iman/syaripudin-zuhri-mengapa-takut-bila-facebook-ditutup.htm
tanggal donlut, jumat 14 jan 11
**setuju.. kenapa takut bila facebook ditutup?!!!!! what 'ur reason?

Kamis, 13 Januari 2011

Tentang Rezeki

“….. Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar, dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya…..” [QS. Ath-Tholaq:2- 3]

“Dan jikalau Allah melapangkan rezeki kepada hamba-hamba-Nya, tentulah mereka akan melampaui batas di muka bumi. Tetapi Allah menurunkan apa yang dikehendaki-Nya dengan ukuran. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui (keadaan) hamba-hamba-Nya lagi Maha Melihat.” [QS. Asy-Syuuro: 27]

“Seandainya kalian betul-betul bertawakal kepada Allah, sungguh Allah akan memberikan kalian rezeki
sebagaimana burung mendapatkan rezeki. Burung tersebut pergi pada pagi hari dalam keadaan lapar dan kembali sore harinya dalam keadaan kenyang.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, dan Al Hakim. Dikatakan shahih oleh Syaikh Al Albani dalam Silsilah Ash Shohihah no. 310)


optimislah cinta..
*referensi: blog iwananashaya.multiply.com
Semoga bermanfaat
Wassalam
Tanty Shalihah

Melompat-Lompat

bagi saya sendiri sebenarnya tidak mudah untuk memikirkan banyak hal dalam waktu bersamaan. tidak mudah untuk melompat dari satu aktivitas ke aktivitas lainnya dalam waktu yang berdekatan. tapi begitulah kehidupanku selama ini, memikirkan banyak hal dalam satu waktu dan berpindah dari satu aktvtas ke aktvtas berikutnya, berburu dengan waktu, membagi perhatian untuk banyak hal. yang aku rasakan adalah, aku lelah, tapi dalam kelelahan itu semuanya tetap aku jalani, karena aku pikir inilah yang namanya konsekuensi dari sebuah keputusan. mau tidak mau harus diterima, karena hidup berjalan maju bukan mundur..

untuk saat ini, tidak mungkin aku meninggalkan aktivitasku.
tidak mudah, karena disaat aku ingin maksimal aku terbentur dengan waktu yang terbatas dan fisik yang sudah lelah, sedangkan tugasku lebih banyak dari waktu dan kekuatan yang aku punya (aku gampang capek dan lelah).
akhirnya tugasku hanya selesai.................
selesai sudah...............

masuk ke materi. aku ingin membahas tentang otak. tahukah kawan? otak manusia adalah suatu organ yang beratnya sekitar 1,5 kg atau sekitar 2% dari berat tubuh dan dioperasikan dengan bahan bakar glukosa dan oksigen. semua manusia sejak lahir telah memiliki seratus milyar sel otak aktif dan didukung sembilan ratus milyar sel pendukung lainnya. jadi totalnya ada 1 triliun sel otak... subhanallah, kebayang gak seh, ada 1 triliun sel otak...!!!!! wow.. udah kaya benang kusut aja kalinya yak.... gak kebanyang deh.. subhanallah... maha suci Allah (semoga aku termasuk dalam golongan orang2 yang ahli syukur).

teman otak kita yang subnallah itu, dalam satu waktu dalam berpindah-pindah dari satu kondisi ke kondisi lainnya tanpa kita sadari. atau istilahnya adalah gelombang otak..
ada empat kategori utama aktivts gelombang otak, yaitu, beta, alfa, theta dan delta. kamu dah pernah denger kan???
aku juga dah pernah denger, tapi gak ngeh banget. pas aku baca buku lagi, dan nemu materi tentang ini, aku jadi agak ngerti lagi:). kondisi theta adalah kondisi pada saat gelombang otak melamban contohnya pada saat kita ngantuk dan hampir tertidur. sedangkan kondisi delta adalah kondisi dimana gelombang otak berada pada kondisi yang paling lamban. contohnya pada saat kita tertidur nyenyak.. lalu bagaimana dengan kondisi beta dan alfa???

kondisi beta adalah kondisi pada saat sadar, waspada dan aktif. klw kita lihat grafiknya.... gelombangnya tuh rapat banget!!!!!!. pada kondisi ini otak secara bersamaan melayani banyak stimulasi berbeda. aktvtsnya saling bertabrakan. pesan yang diterima sangat banyak dan otak dalam waktu bersamaan harus mengurusi semuaaa itu.
sedangkan kondisi alfa adalah kondisi yang sangat ideal jika dipergunakan untuk belajar. pada saat kondisi ini kita dalam keadaan santai...... rileks...... tenang. asyik banget belajar pada saat kondisi ini karena kita hanya terfokus pada satu aktivitas.

kembali ke gambaran diri, aku lebih sering belajar dalam keadaan gelombang beta. huwwff... inilah mungkin yang membuat aku gagal dalam tugas2 belajarku. tapi, aku baru mendapat informasi baru ternyata gelombang otak kebanyakan dari kita memang berpindah-pindah dari satu kondisi ke kondisi lainnya diantara yang empat tadi.. karena kondisi paling ideal untuk belajar adalah kondisi alfa, maka kita harus punya trik bagaimana supaya dengan mudah kita bisa mengalihkan kembali kondisi otak kita ke dalam kondisi alfa. buku itu memberikan solusi, solusinya terbaca sangat sederhana dan mudah untuk dicoba, insya Allah aku akan mencobanya...

inilah langkah2nya, kamu coba juga yah:
  • duduk tegak di kursi (aku mengartikan: duduk tegak tidak mesti dikursi. hahahha.. klw yang gak punya kursi gimana dong?, makanya duduklah dalam kondisi siap untuk belajar dan rilleks)
  • tarik nafas dalam
  • pejamkan mata dan bayangkan tempat yang damai (tempat yang kamu suka atau tempat spesial buat kamu, bayangkanlah kamu berada disana, biarkan pikiranmu berjalan, lalu santai dan rilekslah)
  • kemudian, buka mata dan mulailah membaca
oke sahabat, selamat membaca yah..
selamat belajar
BELAJAR ADALAH PROSES BELAJAR SEUMUR HIDUP
seperti kata hadits:" uthlubul 'ilma minal mahdi ilallahdi..... tuntutlah ilmu dari buaian sampai ke liang lahat".

semangat ya sayang.. :))
*judul mungkin memang tidak nyambung dengan isi. judul tidak melulu mencerminkan isi.. itu karena aku bingung menentukan judul. supaya menarik dan mengundang rasa penasaran aku pilihlah judul itu. kebetulan kata itulah yang pertama muncul dibenakku ketika aku baru akan mulai menulis, tapi setalah aku baca ulang ternyata isinya gak nyambung dengan judulnya tapi tak apalah.
*terinspirasi dari keadaan diri
*referensi: Buku Quantum Reader _ Bobbi DePorter, penerbit Kaifa
Semoga bermanfaat yah..
Wassalam
Tanty Shalihah

Rabu, 12 Januari 2011

Bersyukurlah Dengan Jodoh Anda

tiba2 aku lagi pengen publish kata2 itu dan memang beneran pengen go publish
BERSYUKURLAH DENGAN JODOH ANDA
kata2 itu aku rasa patut di publish..
bersyukurlah dengan jodoh anda
bersyukurlah dengan jodoh anda
bersyukurlah dengan jodoh anda
jodoh yang sama dengan anda dalam beberapa hal dan berbeda dalam beberapa hal yang lainnya
bersyukurlah dengan jodoh anda
BERSYUKURLAH DENGAN JODOH ANDA
bagaimanapun keadaanya
karena ia adalah hadiah dari Allah
hadiah terindah dari Allah untuk anda
untuk menemani sisa umur anda
untuk mendampingi anda dalam suka...... dan....... duka
bersyukurlah dengan jodoh anda
kata2 ini harus dipublish alias diumumkan
bersyukurlah BERSYUKURLAH
karena tiada kata yang lebih indah selain syukur

Yaa Rahman..
Yaa Rahim...

*(curhat)

Selasa, 11 Januari 2011

JADILAH PRIBADI YANG MERDEKA

Kenyataan yang Maya
Apakah kamu familiar dengan skenario ini?

Bangun tidur ngecek timeline Twitter. Sambil nunggu sarapan beres, check email. Terus ngeliat foto-foto weekend unggahan temen kamu. Lalu twitteran lagi sambil sarapan.

Lalu begitu sampai di kantor langsung check-in Foursquare supaya title mayor enggak keambil oleh orang lain. Dan begitu seterusnya, orang lebih banyak menghabiskan waktu dengan menatap smartphone-nya dibanding dengan bertatap dengan orang lain secara langsung.*

Apakah kamu mengalaminya?
jika ya, segeralah kurangi interaksi anda dengan semua itu.
dunia maya di gadget kecil anda itulah hanyalah dunia kecil dalam kehidupan kita sedangkan dunia nyata sesungguhnya lebih luas dari pada itu semua. secanggih apapun interaksi lewat dunia maya, nilai interaksi lewat dunia nyata pasti tetap lebih nyata dan terasa mendalam bagi banyak orang. ayolah teman, setujukah anda dengan saya??

saya berharap anda jujur pada diri anda sendiri. mungkin anda akan mengatakan, " saya nyaman2 saja dengan kebiasaan saya itu", tapi klw boleh saya akan mengartikan kenyamanan anda itu dengan satu kata lain: ketergantungan.

dalam derasnya arus informasi sekarang ini, kita harus pintar2 memilih dan memilah informasi mana yang penting untuk kita simpan dan informasi mana yang yang bisa kita abaikan karena sebenarnya tidak kita butuhkan. dengan begitu saya yakin, kamu akan lebih fokus dalam pekerjaan kamu sehari2 tanpa merasa distrac dengan semua informasi itu.

setujukah anda dengan saya jika saya mengatakan begini:
"satu hal yang paling di idamkan oleh manusia, adalah menjadi manusia merdeka. namun anehnya betapa sering kita membiarkan diri kita sendiri menjadi orang yang tidak merdeka".
saya rasa kenyamanan (=ketergantungan) anda pada social networking itu adalah salah satu contoh bahwa kita terlalu sering membiarkan diri kita dijajah oleh diri sendiri.

ayolah kawan, jujur saya menulis ini adalah dengan tujuan untuk mengajak kamu semua untuk mengurangi interaksi kamu dengan internet khususnya dengan semua social networking yang kamu punya.... pada awalnya kita mungkin akan merasa kesusahan karena setiap hari kita terbiasa dengan internet, tapi yakinlah disisi lain nilai kehidupan akan terasa lebih bermakna dan mendalam bagi diri kita, temankita , sahabatkita dan kerabatkita....



tanty shalihah
**terinspirasi dari tulisan yang diposting Cristian sugiono dalam blognya dengan judul: menghadapi hari kematian internet.
Semoga bermanfaat
Wassalam









Menanti Hari Bahagia

gak berasa ya, semakin dekat aja, kaya mimpi deh, akhirnya saat itu akan tiba juga
beneran kaya mimpi, bawaannya pengen senyum2 melulu (dah gila kali yah:). abis seneng seh
gimana yah? senengnya susah diceritain. campuran antara seneng, bahagia, seneng, bahagia, wakakakaakk...

senengnya banyak, ada juga seh takutnya, ada juga seh cemasnya, tapi kayaknya seneng yang aku rasain ngalahin rasa takut yang ada di hati.. takarannya lebih banyak senengnya dari pada takutnya. hehehehe.. harus kaya gitu, biar kita optimis. (insya Allah, dengan pertolongan Allah segalanya akan menjadi berkah)

pengen saat bahagia itu, bukan cuma aku yg bahagia, tapi semua bahagia.. (nah disitulah letaknya keberkahan). amiin
Ya Alloh berikanlah kemudahan kepada kami...

satu PR aku yang masih jadi PR sampe sekarang, aku masih suka males bangun pagi. susah banget, walaupun tidur cepet tapi tetep aja pas pagi mau bangun, rasanya BERAT BANGET!! kaya udah kebiasaan gak bangun gitu.. huuuwww.. malu2in deh, kebiasaan jelek neh.
susah sekali untuk merubah.
harusnya seh latihan dari sekarang biar gak kaget, berusaha seh, tapi beneran deh... beraaaattttt banget.. gak main2 emang beneran berat banget!!
klw bangun jam 5 lewat itu pagi atau kesiangan seh.. kesiangan kan?? karena subuhnya gak tepat waktu, berarti kesiangan. aku pengennya bangun lebih pagi dari itu.. kaya ibu2 tuh yang suka cerita katanya bangun jam 4, trs masak air buat buat suaminya, trs beres2 trs nyiapain makan buat anaknya, trs udah beres mandi, trs baru deh berangkat., ya ampun!!!! kebayang, capek banget tuh ibu2!!!!! huiiffff.. apa aku harus kaya gitu juga???
selama ini seh, aku bangun pagi, tinggal mandi lalu berangkat deh.. gak ada aktvtas di pagi hari kecuali mandi trs berangkat!!

lalu, aku harus berubah?
tepatnya harus menyesuaikan..
ngeri seh, takut seh, tapi aku gak boleh terpengaruh sm perasaan takut ini, ntr malah jadi stress lagi..
biasa biasa biasa saja, oke de!!! alami saja, natural saja, jika sudah waktunya nanti, insya Allah kamu bisa berubah kok, bisa bangun pagi kok:))
coba dari dulu ngikutin nasehat mamah, "bangun pagi de, ntr rezekinya di patok ayam klw kesiangan!!" hahaha.. waktu itu seh aku cm tertawa dalam hati, mana bisa ayam matok/ ngambil rezeki kita. hehehehe..
tapi ternyata, sekarang baru sadar, ada pesan di balik kata2 mamah itu, huw lagian mamah ngomong pake kalimat konotasi segala, gak langsung bilang tothepoint aja;))

sekarang baru terasa deh, ternyata nasehat mamah yang dulu2 itu bener, dan harusnya dibiasakan tapi..... dasar anak nakal!!!
apalagi pas dah kost, gak ada yang ngontrol dan "marahin" klw bangun siang, makin siang aja deh bangunnya!!

uhhh... gimana ini??
tegang menghadapi hari kepindahan ke tempat baru.. tempat baru..

kan harus pindah yah? kan harus ikut yah? kan harus ngituin yah? gitu yah, klw aku mu jadi anak kost terus gimana? bisa gak??

Minggu, 09 Januari 2011

PROPOSAL

Lagi sibuk bikin proposal se adanya, se bisanya, se selesainya
hhihihii.. abis gimana lagi?!!
sedih seh karena selalu dadakan dan se adanya
tapi inilah akibat dari sedikit kelalaian
sedikit kelalaian yang berakibat besar

cuma sedikit kok
sedikit belajar
sedikit baca
sedikit nulis
sedikit mengamati dan menelaah
sedikit mencoba

Sabtu, 08 Januari 2011

DVD EKSTERNAL

kejadian kemarin sore. seorang teman tiba2 meng sms, "ty jadi nitip DVD eksternal gak?"

huuffff.. taukah teman DVD eksternal adalah barang yg dari dulu aku pengen banget. klw aku udah pengen banget suatu barang, aku akan tulis nama barang itu ditembok kamarku. aku tulis dalam tulisan besar dan aku tempel. klw udah begiru tandanya aku udah pengen banget sama barang itu..

hikkss.. tapi aku sedih, kenapa tawaran barang itu datang pada saat aku harus menyimpan uangku untuk keperluan yang lain. hihihiihkkkkkksszz.. huhuhuhuhuh....
aku sedih banget.
aku tanya ani, urgent gak ni?"
kata ani untuk saat ini gak!!!"
huhuhuh.. padahal barang itu udah lama aku impi2kan.

tapi, kayaknya, aku harus menahan lagi dan lagi untuk gak membeli barang itu dudlu
mungkin belum saaatnya
lagipula mungkin, masih bisa pake jalan lain untuk sampai tujuan tanpa jalan itu

aku pengen barang itu karena ada tujuannya
sedih dan nyesek banget
padahal dardi dulu pengen banget DVD eksternal dengan harga segitu
waktu dulu, masih mahal kata ratu gak ada yg harga 400
sekarang udh ada dengan harga sesuai budjet tapi kayaknya momentnya gak pas..

aku sedih
tapi gak boleh nangis
Allah akn memberi pada saat yang tepat
seperti pada waktu Allah memberi aku barang2 lainnya yg aku inginkan

mungkin kata Allah belum sampai pada tahap kebutuhan masih tahap keinginan
jadi belum dikabulkan deh...

saat ini aku masih dalam tahap menimbang, jadi beli atau gak
ntr sore baru aku kirim kabar ma temenku
jadi nitip atau gak..

semoga yang terbaiklah yang terjadi
semoga tujuan, bisa aku capai walaupun tanpa barang itu..
nth bagaimana caranya
aku yakin Allah akan memberi jalan dengan cara2 yg tidak aku duga.

wassalam
tanty shaliha

Jumat, 07 Januari 2011

RINA

rina itu teman yang menyenangkan, sebenarnya c awal kuliah gak begitu akrab sama rina
tapi karena eny dekat dengan rina dan aku lumayan dekat dengan eny jadi ikutan dekat juga dengan rina. dulu seh deketnya biasa aja, sekarang deket banget.
karena sama2 anak kost kalinya??? dan temen2 sejurusan senangkatan emang pada gak kost, rumahnya deket2 sekitar, depok, cimanggis, bekasi, cipayung.. yah masih tetangga jakarta juga.
jadi pada bolak balik rumah aja.

kecuali beberapa yg kost termasuk rina
gak mungkin lah rina nge dugdag dari rumahnya
lha wong runahnya di pemalanag. hehehe

ada seh kakaknya di ciputat: cowok dan udh nikah dan punya 1 anak.
rina lebih memilih ngekost dari pada bolak balik ciputat rawamangun
mungkin biar mandiri juga kali..

yg aku liat rina yang sekarang beda banget dengan rina yang dulu
lebih dewasa, lebih matang dan semangat belajar banget

sikap semangat, matang dan dewasanya tumbuh seiring pengalamannya
pertama kali mulai "mencoba" melamar dan diterima jadi shadow teacher di SDIT daerah condet
trus karena anak pindah sekolah ke sekolah negeri yang menerapkan sistem inklusi rina pindah juga ke sana
lalu karena anak tersebut dah masuk kelas 6 SD dan sudah waktunya dilepas mandiri, rina stop mendampinginya
trs pindah ke sekolah islam di dareah bekasi jadi shadow juga, tak lama karena kurang cocok dengan sistem sekolah akhirnya memilih untuk mundur
lalu lamaran dikirim lagi dan sampailah rina di tempat klinik yang kemudian menyalurkannya ke sekolah inklusi yang menerapkan bilingual dalam pembelajarannya.
rina gak patah semangat, ia bilang "seneng ka, bisa sambil belajar bahasa inggris juga, gurunya disana pinter2 jadi aku bisa belajar juga, ada pak ini, bu ini... bala-bla-bla.." ceritanya panjang dan seru

seru karena rina juga anak yang seru!!
kaya pengalaman dan senang jalan2, dan hobi belanja:)

sekarang rina gak ngajar lagi
katanya biar lebih fokus karena bulan februari mendatang waktu kita untuk PPL
lalu apa yg rina lakukan dipagi hari??
tidurkah??
gak!!
sekarang rina punya kesibukan baru
BERDAGANG;)
belanja ke tanah abang dan mengirim barangnya ke kampung untuk dijual disana
tiap abis belanja, ceritanya heboh banget
tiap abis belanja pasti tawari aku..
"mau gak ka tanty, aku jual kaos panjang neh"
hari ini rina nawarin dagangannya lewat sms??
ternyata dia masih di jalan menuju kostan dan sudah semangat nawarin hasil belanjanya:)

pas malemnya,
aku lewat kostan rina
aku mampir deh
subhanallah, belanjaanya banyak banget!!
"ya ampun na, banyak banget, sama siapa ke tanah abang nya? sama dani?"

"gak aku sendiri!!"
trs bawa barang sebanyak itu?"
iya.. aku bawa sendiri"
hehehe..
hebat banget, klw aku gak kebayang belanja sebanyak itu, sendiri ke tanah abang?!!
lama di jakarta, aku baru sekali ke tanah abang, itupun cuma nganter temen. hiihihi..

kayaknya aku harus belajar dari rina, biar sabar ketika belanja dan sabar menghadapi suasana ramai nya pasar;)

Kamis, 06 Januari 2011

NOSTALGIA TULISAN INI . . .

skenario Allah memang gak bisa ditebak...
ketika aku ingin seseorang yg "anti" internet yang datang justru orang yg eksis di internet

aku gak tahu kemanakah Allah akan membawa kisah ini
lanjutan skenarionya aja aku gak tahu
naskahnya aja aku belum pernah liat

Allah tidak memberi apa yg kita minta
tp Allah memberi apa yg kita butuhkan
kadang yg menurut kita baik belum tentu baik menurut Allah
Allah yg lebih mengetahui
karena DIA lah yg MAHA TAHU


06 januari 2011
jadi akan kemana kah Allah menggiring kisah ini??
jika sudah sampai ditempat tujuan,
lalu bagaimana lagi??
mudah kah atau sulit kah??
bisa bertahan kah atau malah ingin berlari&kembali ke belakang??


sudah ada di depan, gak boleh ada keinginan untuk balik lagi ke belakang
bagaimanapun keadaannya harus DIHADAPI.


hikhiksss
agak2 sedih seh
bukan sedih menyesal, tapi sedih melihat kondisi diri
mengenai kondisi diri


ada beberapa hal yg aku sesali dari masa lalu
kadang aku bertanya KENAPA??
tapi pentingkah pertanyaan itu??
kayaknya gak penting lagi..
karena segalanya sudah menjadi suratan takdir
untuk apa lagi dipertanyakan kenapa??
aku tahu, aku tidak akan mendapatkan jawaban yg memuaskan nafsu yg tidak pernah puas


belajar mengenai konsep TAKDIR
semua itu adalah bagian dari TAKDIR hidup
rasakanlah betapa indahnya jalan Allah
jangan karena hal2 sulit kita jadi lupa dengan berlimpah nikmat yg telah Allah karuniakan kepada kita


semoga kelalain dimasa lalu
tidak terulang lagi dimasa sekarang dan yg akan datang
perbaiki diri
belajar memperbaiki diri adalah proses belajar seumur hidup




**ditulis ketika belum bisa tidur 00:48
saling mendoakan yah teman
saling mengingatkan juga..
plus saling tolong menolong dalam kebaikan^=^

semoga Allah senantiasa memudahkan langkah kita
dalam proses perbaikan diri

wassalam
tanty shaliha




Minggu, 02 Januari 2011

$#&*($%^&!@@_@

Ya Allah...
aku berdoa untuk seorang pria yang kelak akan menjadi bagian hidupku

seorang yg sungguh mencintaiMu lebih dari segala sesuatu

seorang pria yg hidup bukan untuk dirinya sendiri tapi untukMu dan mengetahui bagi siapa dan untuk siapa dia hidup. sehingga hidupnya tidaklah sia-sia

seorang yang punya hati bijak bukan hanya otak yg cerdas

seorang yg tidak hanya memujaku tapi dapat juga menasehatiku bila aku salah

seorang pria yang mencintaiku bukan karena kecantikanku tapi karena hatiku

seorang pria yg dapat menjadi sahabat terbaikku dalam tiap waktu dan situasi

seorang pria yg dapat membuatku merasa dihargai sebagai seorang wanita kala berada disisinya

aku tidak meminta seorang pria yg sempurna...
karena aku juga bukanlah wanita yang sempurna



Ya Allah
persatukanlah kami diwaktu yg terbaik menurut perhitunganMu
dan jadikanlah segalanya indah menurut pandanganMu

**nyadur dengan sedikit perubahan

Senang..

abis jalan2 sama rina ke ITC cempaka mas
dapet juga yg pengen dibeli
walaupun barangnya gak sama
tapi yang penting fungsinya sama
yang penting fungsinya buu
bukan jenis barangnya
hehehehe

seneng
seneng
abis jalan2 sama rina dan yayah

seneng
seneng
apalagi jalan sama rina yang hobinya emang belanja dan liat barang2 bagus

dia selalu antusias klw liat barang yg bagus2
emang hobinya belanja tuh
klw aku seh gak kuat lama2 dalem pasar
malah klw bisa nitip..
mending nitip aja deh
hehehe

tapi ternyata, seru juga yah
asal sesekali aja
klw sering2, kayaknya gak dehh
mending bengong dirumah ajah:))

Sabtu, 01 Januari 2011

TETAPLAH OPTIMIS MELIHAT KEHIDUPAN

http://www.eramuslim.com/editorial/tetaplah-optimis-melihat-kehidupan.htm

Jumat, 31/12/2010 11:31 WIB

Setiap saat, detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, dan tahun, terus umur kita akan berkurang. Setiap pergantian tahun, berarti umur kita semakin bertambah. Bertambah tua. Berarti pula umur semakin berkurang, dan kematian semakin dekat.

Tak ada yang tidak akan meninggalkan dunia yang fana ini. Ketika datang ajal. Semuanya kita tinggalkan.Tak ada yang dapat kita bawa ke alam kubur.

Kita yang telah menghabiskan seluruh umur kita, sepanjang tahun untuk bekerja, mengumpulkan materi itu, akhirnya akan kita tinggalkan. Kita akan berpisah dengan semua itu. Isteri, anak-anak,rumah, kenderaan, dan bentuk-bentuk harta-benda lainnya, pasti akan kita tinggalkan.

Tak pantas manusia seluruh hidupnya hanyalah diorientasikan hanya untuk mengejar dan mendapatkan materi. Padahal, materi itu semuanya, dan seluruh kehidupan di dunia ini akan berpisah dengan kita, dan kita tinggalkan, saat ajal menjelang. Ilusi-ilusi atau khayalan manusia, yang ingin mendapatkan kenikmatan dunia secara berlebihan itu, semuanya hanyalah ilusi atau khayalan.

Manusia akan dibatasi oleh umur dan kematian. Saat umur menjelang tua, kemampuan fisik akan semakin renta, tak lagi bernilai harta yang begitu banyak.Tak dapat membuat manusia terus berilusi dengan berbagai khayalan tentang kenikmatan dunia.

Manusia yang renta tak akan lagi dapat menikmati semua harta yang melimpah. Bahkan, terkadang orang yang sudah menjelang usia di atas 50 tahun pun, makannya pun sudah tidak bebas, karena keterbatasan pisik. Apalagi bila telah terkena diabet. Semuanya bentuk kenikmatan yang ada di depan matanya hanya menjadi khayalan, tak dapat dinikmatinya. Ini sejatinya manusia. Manusia memiliki kendala, manusia memiliki keterbatasan, dan tidak ada yang kekal atas diri manusia. Tidak ada lagi kemampuan pisik yang dapat menopang ilusi dan khayalannya. Semuanya khayalan akan berakhir.

Ingatlah kematian pasti akan tiba. Kematian pasti akan dihadapi oleh manusia. Tidak akan bisa pergi dan mengelak dengan datangnya kematian. Siapapun adanya.

Malam ini mungkin masih akan berpesta pora, dan menikmati guratan-guratan kembang api, menikmati musik, menikmati pergantian tahun, pesta-pesta, menikmati makan-makanan yang enak, menikmati berpergian ke luar negeri, dan pergi ke tempat-tempat yang memiliki keindahan alam di tempat-tempat yang eksklusif bersama keluarga. Tetapi semuanya itu pasti akan berlalu. Tidak lama.

Malam ini sebagian orang akan menikmati pergantian tahun. Ingatlah setiap pergantian tahun itu, berarti umur kita akan berkurang. Maka ingatlah setiap pergantian tahun, dan tahun yang sudah kita lalui itu, adakah kehidupan kita semakin baik. Semakin dekat dengan Sang Pencipta? Atau semakin jauh dari Rabbul Alamin?

Kematian sebagai kemestian yang tidak dapat ditawar oleh siapun. Hanya bagaimana cara kita menghadapi kematian? Banyak orang memilih cara menghadapi kematian. Ada dengan pesta dan mabuk-mabukan, disertai dengan perbuatan maksiat lainnya. Ada pula dengan selalu mengingat Tuhannya, dan berbuat baik kepada sesama. Inilah pilihan yang harus dipilih oleh manusia.

Ada yang membuat selalu optimis dan akan selalu memotivasi kita untuk berbuat baik, manakala kita selalu mengingat tentang kematian dan adanya kehidupan akhirat. Itulah yang akan selalu membuat kita untuk berbuat kebajikan. Berbuat kebajikan bagi bekal kehidupan kita di akhirat nanti.

Yakinlah kita kebaikan sekecil apapun nilainya, pasti akan mendapat balasan, dan berbuat kejahatan sekecil apapun juga akan mendapatkan balasan. Tak ada yang luput dari pengawasan Allah Ta'ala atas segala perbuatan yang sudah kita lakukan.

Diakhirat nanti kita akan mendapatkan keadilan yang seadil-adilnya atas segala amal yang sudah kita lakukan. Yakinlah. Wallahu’alam.


tanggal donlut: sabtu, 01/01/11